Kamis, 03 Januari 2013

Peluang Usaha Tanpa Modal di sekitar Kita

Kesempatan usaha atau kerja yang menghasilkan banyak rupiah ada disekitar kita, tapi kadang kesempatan tersebut seolah tersembunyi dan sukar untuk dilaksanakan! Ini wajar, karena memang peluang bisnis/ usaha butuh kecermatan dalam mengamati dan dari aspek manfaat harus dapat memenuhi keinginan konsumen. Karena walaupun suatu konsep usaha bernilai tinggi (dalam konteks keuntungan materiil di sisi calon pengusaha) namun belum tentu bermanfaat nyata bagi calon konsumen serta ROI (Return of Investment) juga belum tentu sesuai prediksi di atas kalkulator. Sebuah contoh,
Usaha Laundry yang mengutamakan mode (trend) menggunakan mesin cuci bukaan depan untuk melayani kebutuhan konsumen yaitu pencucian pakaian. Sudah dapat dihitung berapa nilai investasi mesin cuci bukaan depan? Pasti lebih mahal dari mesin cuci bukaan atas, belum lagi waktu mencuci yang serba menunggu otomatisasi dari sistem mesin bukaan depan, sedangkan konsumen hanya butuh pakaiannya bersih, tidak rusak, rapi, tepat waktu dan biaya murah.

Dan masih banyak lagi bidang usaha atau bisnis yang konsepnya kurang matang, sehingga resiko bangkrut lebih besar. Malah terkadang ada beberapa pekerjaan atau bisnis sederhana namun membawa keuntungan yang besar, tidak membutuhkan skill yang spesifik, serta biaya investasi murah, bahkan ada yang tanpa modal.

Contoh: Seorang pengangguran tanpa modal uang dapat menjadi seorang salesman advertising atau percetakan hanya dengan cara:
  1. Pergi ke pameran-pameran bisnis atau toko.
  2. Mengumpulkan kartu nama dan brosur-brosur di pameran atau toko.
  3. Mendatangi pengusaha percetakan atau pengusaha digital printing untuk kesepakatan reseller produk percetakan/ digital printing.
Bermodalkan kesepakatan dengan pengusaha percetakan dan marketting tools (brosur, kartu nama, dan contoh-contoh media yang didapatkannya di pameran atau toko), seorang Pengangguran siap menjadi seorang Salesman. Calon Salesman mendatangi toko-toko atau pengusaha untuk menawarkan pembuatan kartu nama, brosur, spanduk, dan media iklan lainnya.

Dengan kesabaran dan tekad yang kuat, Salesman tadi akan berjaya menjual produk percetakan dan dapat keuntungan, walaupun dia belum punya peralatan atau mesin digital printing.

Masih banyak contoh usaha atau bisnis yang mentah dikonsep lalu bangkrut dan sebaliknya banyak juga bisnis tanpa modal bisa berjaya. Demikianlah sharing tentang Peluang Usaha tanpa modal pada kesempatan ini, Terima Kasih dan Salam Jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar